Heboh Fortuner Kena Skandal Toyota Pabrikan di RI Diminta Tiru Jepang

Heboh Fortuner Kena Skandal Toyota Pabrikan di RI Diminta Tiru Jepang

Emakgosip – Heboh Fortuner Kena Skandal Toyota Pabrikan di RI Diminta Tiru Jepang. Namun Pabrikan mobil Jepang, Toyota, kembali di terpa kasus dan menimpa sejumlah lini produk. Akibatnya, Toyota dikabarkan telah menghentikan produksi akibat skandal dugaan kecurangan dalam sertifikasi mesin tersebut.

Komite investigasi khusus di Jepang di tugaskan untuk menyelidiki potensi penyimpangan peraturan sertifikasi terkait dengan sertifikasi emisi domestik yang tidak tepat pada mesin forklift dan mesin konstruksi. Atas kasus ini, Toyota menyadari betapa seriusnya fakta pelanggaran sertifikasi yang berulang kali terjadi di TICO, seperti skandal Daihatsu yang terjadi bulan lalu yang telah mengguncang fondasi perusahaan sebagai produsen mobil.

Ironisnya, meski Toyota di Jepang mengakui kesalahan tersebut dan menyebut mobil Fortuner produksi Indonesia. Namun masuk dalam daftar terkena masalah tersebut, Toyota di Indonesia justru menyebut mobilnya. Di Indonesia tidak terpengaruh sehingga tidak mengganggu kinerja mesin.

Pengamat otomotif Bebin Djuana pun menilai seharusnya Heboh Fortuner Kena Skandal Toyota  bisa lebih terbuka terhadap kasusnya.

Itu juga membuat saya bertanya-tanya, karena kali ini urusan mesin dieselnya. Toyota Indonesia seharusnya lebih terbuka kenapa di Indonesia tidak masalah sedangkan di Jepang diakui bermasalah.

Berita terakhir bukan soal perangkat keselamatan. Kalau urusan perangkat keselamatan perlu kejelasan bahwa yang di jual disini tanpa side airbag atau jika berurusan dengan struktur kenapa yang disini aman-aman saja! Semua biar jelas. Sekarang pada saat klarifikasi tetap tidak menjelaskan inti masalahnya. Serba tertutup,” kata Bebin.

Apalagi sebagai penguasa pasar, mobil produksi Toyota menjadi yang paling banyak digunakan di RI selama bertahun-tahun. Pada tahun 2023 lalu saja, wholesales mobil Toyota tembus 336.777 ribu unit atau 1/3 dari jumlah mobil yang terjual di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP