Soal Transisi Energi Anies Tak Mau Kayak Pantura Mati Dibunuh Tol

Soal Transisi Energi Anies Tak Mau Kayak Pantura Mati Dibunuh Tol

Emakgosip – Soal Transisi Energi Anies Tak Mau Kayak Pantura Mati Dibunuh Tol. Dan Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memastikan, proses upaya transisi energi yang akan dilakukan tak akan membuat berbagai industri yang terdampak mati. Seperti Jalur Pantura mati akibat pembangunan Tol Trans Jawa.

Pokoknya bangun jalan tol, panturanya mati, ya mohon maaf enggak ada perubahan ini enggak boleh terjadi dalam transisi energi,” kata Anies dalam acara dalam Sarasehan DPD RI di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Soal Transisi Energi Anies lalu bercerita mengenai kesaksiannya saat melihat berbagai bisnis di jalur Pantai Utara Jawa itu mati. Jadi mulai dari restoran, hotel, hingga bengkel-bengkel kendaraan. Penyebabnya, jalur yang selama ini dilalui kendaraan itu sepi akibat peralihan ke jalan tol.

Ia menekankan, kondisi itu disebabkan karena perencanaan pembangunan jalan tol pemerintahan saat ini tidak memikirkan dampak rambatan terhadap jalur-jalur yang terdampak. Ia menggunakan istilah exit strategy yang tak pernah dipikirkan ketika mengambil satu keputusan.

Jadi ini yang kalau kami dapat kewenangan akan memikirkan exit strateginya supaya mereka tidak mati. Berangkat dari mana? Ini berangkat dari observasi kami menyaksikan pantura. Coba datang ke Pantura, ke sana sedih lihatnya,” tegas Anies.

Oleh sebab itu, Anies menyatakan, jika ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi presiden pada 2024 kelak. Yang akan menciptakan exit strategy untuk industri-industri yang terdampak transisi energi. Dan supaya tidak mati seperti matinya ekonomi pantura akibat pembangunan tol.

Jadi kalau kita bicara transisi energi kita harus pikirkan orang-orang yang bekerja di sana. Jadi sebutlah pertambangan kita mau transisi ke EBT, berarti jenis-jenis tambang yang tidak EBT itu exitnya bagaimana. Dan semua yang kerja di situ akan pindah seperti apa ke lapangan kerja atau seluruh mata rantainya hingga produksinya akan ke mana mereka,” tutur Anies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP