Hujan Dan Kekeringan Ekstrem Makin Sering Tanda-tandanya Muncul Di Jawa

Hujan Dan Kekeringan Ekstrem Makin Sering Tanda-tandanya Muncul Di Jawa

Emakgosip – Hujan Dan Kekeringan Ekstrem Makin Sering Tanda-tandanya Muncul Di Jawa. Namun Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperingatkan adanya peningkatan signifikan cuaca ekstrem di Indonesia. Hal itu berdasarkan kajian perubahan iklim (2021-2050) khusus wilayah Benua Maritim Indonesia (BMI) menggunakan teknik dynamic downscaling resolusi tinggi.

BRIN menemukan, ada peningkatan signifikan kekeringan dan hujan ekstrem. Di sebutkan, hal itu sebagai bentuk paling sederhana ketika suhu meningkat secara signifikan.

Di mana, BRIN mencatat, sejak bulan September hingga saat ini, kenaikan suhu per bulan rata-rata mencapai 1,5 derajat Celcius. Kondisi ini diprediksi akan berdampak pada penurunan ekonomi global.

Peneliti Ahli Utama Klimatologi dan Perubahan Iklim Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin mengatakan, peningkatan cuaca ekstrem itu berdampak pada wilayah Sumatra bagian tengah dan selatan.

Kekeringan ekstrem di masa mendatang juga berdampak pada wilayah Kalimantan bagian tengah, timur dan selatan (termasuk IKN). Sedangkan Kalimantan bagian barat diproyeksikan mengalami hari-hari yang lebih basah,” katanya keterangan di situs resmi BRIN, dikutip Jumat (2/2/2024).

Untuk Pulau Jawa, sebagian besar wilayah terancam mengalami suhu maksimum yang lebih tinggi dan suhu minimum yang lebih rendah khususnya untuk pantura Jawa Timur,” tambah Erma.

Karena itu, imbuh dia, masyarakat harus memiliki kesiapsiagaan dan kesadaran akan perkembangan cuaca terkini. Dan memiliki pemahaman terkait cuaca dan dampaknya pada bencana. Sehingga bisa menekan dampak terburuk, termasuk mencegah terjadinya korban jiwa akibat cuaca ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP