India & Filipina Ngegas Tapi RI Melamban, Jokowi Harus Lakukan Ini

India & Filipina Ngegas Tapi RI Melamban, Jokowi Harus Lakukan Ini

Emakgosip – India & Filipina Ngegas Tapi RI Melamban, Jokowi Harus Lakukan Ini. Namun Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 yang hanya tumbuh 5,05% atau melambat dari 2022 yang mencapai 5,31%, tertinggal dibanding pertumbuhan negara-negara mitra dagang utama, maupun negara tetangga Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, negara mitra dagang utama Indonesia, yakni China masih mampu tumbuh 5,2% dari tahun lalu 3%, demikian pula Jepang yang tumbuh 2% dari tahun lalu 1%. Tingkat pertumbuhan ekonomi RI 2023 bahkan tertinggal dari Uzbekistan yang tumbuh 6%, dan Filipina 5,57%.

India & Filipina Ngegas Kalangan ekonom tanah air mengungkapkan, laju pertumbuhan ekonomi itu disebabkan oleh kinerja ekspor Indonesia yang anjlok sangat dalam. Berimplikasi pada kinerja di sektor manufaktur hingga pendapatan para pekerja di dalamnya. Pertumbuhan ekspor pada 2023 hanya 1,32% sedangkan pada 2022 mencapai 16,28%.

Hal ini salah satunya diungkapkan oleh Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual. Menurutnya, kinerja pertumbuhan ekspor itu bahkan sudah minus, berimplikasi pada terus anjloknya produk domestik bruto (PDB) nominal.

Kalau kita lihat penyebabnya dari sisi ekspor turun cukup dalam, dari sisi pertumbuhan ekspor saja sudah negatif 5,75% akhir 2023. Dan kata David kepada Emakgosip Indonesia, Selasa (6/2/2024).

David mengatakan, jika di lihat berdasarkan pertumbuhan PDB Riil, sebetulnya tidak terlalu buruk kinerja ekonomi 2023. Yang karena masih mampu bertahan di kisaran 5%. Namun, jika dilihat berdasarkan PDB Nominal, ia mengatakan, pertumbuhannya terus turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP