Awas Xi Jinping Ngamuk Filipina AS Kerahkan Kapal Perang di LCS

Awas Xi Jinping Ngamuk Filipina AS Kerahkan Kapal Perang di LCS

Emakgosip – Awas Xi Jinping Ngamuk Filipina AS Kerahkan Kapal Perang di LCS. Dan Amerika Serikat (AS) dan Filipina mengadakan patroli laut dan udara terbaru. Ini merupakan yang ketiga kalinya dan akan berjalan selama tiga bulan ke depan.

Patroli di Laut Cina Selatan (LCS) itu terjadi ketika Washington berupaya memperkuat hubungan pertahanannya di wilayah tersebut dalam menghadapi China yang semakin agresif. Diketahui China kerap bersitegang dengan Filipina terkait kepemilikan wilayah perairan di LCS.

Mengutip AFP, kapal tempur AS USS Gabrielle Giffords dan helikopter MH-60S Sea Hawk akan dilibatkan. Ada pula kapal perang BRP Gregorio del Pilar Angkatan Laut Filipina dan helikopter AW109.

Awas Xi Jinping Ngamuk. Namun Militer Filipina mengatakan patroli tersebut di adakan di zona ekonomi eksklusifnya. Tapi sayangnya, Manila tidak memberikan lokasi pastinya.

Berlayar dan beroperasi bersama menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan interoperabilitas dan koordinasi yang berkelanjutan,” kata komodor Skuadron Penghancur 7 AS, Kapten Sean Lewis, dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, patroli laut dan udara gabungan pertama sudah dilakukan pada bulan November dan diikuti oleh putaran kedua pada bulan Januari. Kala itu, China juga mengadakan latihan militer di perairan yang sama.

Hal ini terjadi beberapa minggu setelah ketegangan antara China dan Filipina di sekitar terumbu karang yang disengketakan di LCS. Kala itu terjadi ytabrakan antara kapal dari kedua negara dan kapal China yang menembakkan meriam air ke kapal Filipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP