Tiba Tiba Media Asing Sorot Ibu Negara Prabowo

Tiba Tiba Media Asing Sorot Ibu Negara Prabowo

Emakgosip – Tiba Tiba Media Asing Sorot Ibu Negara Prabowo. Dan Status pernikahan calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapatkan sorotan media asing. Salah satunya Channel News Asia (Emakgosip) dalam artikelnya “Indonesia Elections 2024: No first lady? Frontrunner Prabowo’s single status turns spotlight on ‘state’s mother’ role”.

Dari tiga kandidat capres RI di 2024-2029 mendatang disebut hanya Prabowo Subianto yang berstatus single. Dengan melihat elektabilitas Prabowo yang tinggi dibanding calon lain, sampai 48%, di mana Anies Baswedan tertinggal sekitar 24% dan Ganjar Pranowo sekitar 21%, bisa saja ini menjadi fakta baru di kepresidenan Indonesia.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bisa menjadi presiden pertama tanpa mitra (istri) dalam sejarah negara ini. Ketika persaingan semakin memanas, para ahli dan istri kandidat memperdebatkan pentingnya ibu negara, dan siapa yang mungkin mengisi peran tersebut,” tulis Tiba Tiba Media Asing Sorot itu dalam rangkuman artikelnya, dikutip Jumat (9/2/2024).

Dipaparkan pula, sebenarnya Prabowo sebelumnya pernah menikah. Ia berumah tangga dengan Titiek Soeharto pada tahun 1983.

Titiek adalah anak dari presiden kedua RI Soeharto. Namun, saat sang mertua lengser pada tahun 1998, ia pun berpisah dengan Titiek.

Emakgosip memuat bagaimana pentingnya peran ibu negara di RI, termasuk fungsi kenegaraan tertentu yang tidak selalu dapat ditangai presiden. Komentar pakar hukum tata negara lokal dari Universitas Andalas, Feri Amsari, dimuat meski ditekankan bagaimana konsep ibu negara juga tidak ditentukan oleh konstitusi Indonesia.

“Misalnya Ibu Tien Soeharto dan ibu Anie Yudhoyono istri presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono. Ibarat permaisuri atau ratu di sebuah kerajaan,” ujarnya.

Dijelaskan bagaimana Ibu Tien memprakarsai pendirian rumah sakit pertama di Indonesia untuk pasien kanker. Ibu Ani pernah menjadi wakil ketua partai politik suaminya, Partai Demokrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP