Pemerintah Jor joran Kasih Subsidi Mobil Listrik, Ternyata Demi Ini

Pemerintah Jor joran Kasih Subsidi Mobil Listrik, Ternyata Demi Ini

Emakgosip Pemerintah Jor joran Kasih Subsidi Mobil Listrik, Ternyata Demi Ini. Namun Pemerintah belakangan ini terus gencar memberikan sejumlah insentif untuk setiap pembelian kendaraan listrik, baik mobil maupun motor listrik. Kebijakan ini dilakukan pemerintah untuk mendorong percepatan penjualan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Kepala Centre of Food, Energy and Sustainable Development INDEF, Abra El Talattov menyebut, pemberian insentif subsidi kendaraan listrik oleh pemerintah ini tak lain ditujukan agar proyek hilirisasi komoditas tambang, khususnya nikel, yang digadang-gadang selama ini dapat menarik minat investor, khususnya investor kendaraan listrik, untuk datang dan berinvestasi ke Indonesia.

Pemerintah Jor joran Niatnya proyek besar hilirisasi ini bisa mengundang investor di industri otomotif, khususnya kendaraan listrik,” kata dia dalam acara Energy Corner Emakgosip Indonesia, Selasa (13/2/2024).

Berkaca pada beberapa negara di dunia, menurut Abra, paling tidak dibutuhkan minimal 5-10% pangsa pasar kendaraan listrik di setiap negara untuk menarik minat investor. Sementara, populasi kendaraan listrik di Indonesia sendiri saat ini masih di bawah 1% dari pasar.

“Pemerintah kejar-kejaran seperti ayam dan telur. Apakah menarik investornya dulu atau mempercepat adopsi kendaraan listrik. Tetapi memang realisasinya masih sangat rendah meskipun pemerintah sudah melakukan revisi untuk syarat penerima subsidi,” ujarnya.

Abra mencontohkan, realisasi penjualan motor listrik pada tahun lalu misalnya, tercatat hanya tembus 11.500 unit atau 5,7%. Dari target sebesar 200.000 unit. Artinya, menjadi hal yang cukup wajar bagi pemerintah memberikan bantuan dalam pembelian kendaraan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP