Dalih Netanyahu Bombardir Rafah Tuai Kecaman Dunia

Dalih Netanyahu Bombardir Rafah Tuai Kecaman Dunia

Emakgosip – Dalih Netanyahu Bombardir Rafah Tuai Kecaman Dunia. Dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berhasil menyelamatkan dua sandera Israel di Rafah, wilayah perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir. Namun, sekitar 100 orang warga palestina tewas akibat serbuan tersebut.

Setelah penyelamatan tersebut, yang dilakukan pada Senin (12/2/2024) dini hari, Netanyahu mengatakan tindakan pihaknya menunjukkan perlunya tekanan berkelanjutan terhadap Hamas untuk menjamin pembebasan sandera yang tersisa.

Di sisi lain, serangan itu menewaskan sekitar 100 orang dan melukai puluhan lainnya di kota Gaza selatan, yang berpenduduk sekitar 300.000 jiwa sebelum perang.

Sejumlah pihak menyebut serangan tersebut merupakan metafora suram atas perang Israel melawan Hamas di Gaza.

Militer Israel hanya menyelamatkan tiga sandera dalam lebih dari empat bulan pertempuran, lebih sedikit dibandingkan jumlah sandera yang terbunuh dalam upaya Israel untuk membebaskan mereka.

Dalih Netanyahu Bombardir Rafah, sebagian besar sandera yang telah di bebaskan telah mendapatkan kebebasannya melalui negosiasi dengan Hamas. Dan lebih dari 100 orang dibebaskan selama gencatan senjata selama seminggu tahun lalu. Lebih dari 30 orang di pastikan tewas di penangkaran, dan ada kekhawatiran akan nyawa sedikitnya 20 orang lainnya.

Amos Harel, yang menulis di Haaretz, sebuah surat kabar Israel, menyatakan bahwa Hamas tidak mungkin tidak belajar. Dari penyelamatan tersebut untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Ini adalah pencapaian yang langka. Akan sulit untuk mengulangi keberhasilan ini meskipun ada tekanan yang di berikan tentara terhadap Hamas. Yang tentunya akan belajar dari pengalaman dengan mengidentifikasi titik-titik lemah dalam penyelamatan yang dapat dieksploitasi dan diperintahkan oleh mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP