Dari Data Terbaru Ini Eropa Tak Baik-Baik Saja di 2024

Dari Data Terbaru Ini Eropa Tak Baik-Baik Saja di 2024

Emakgosip – Dari Data Terbaru Ini Eropa Tak Baik-Baik Saja di 2024. Namun Uni Eropa (UE) tak baik-baik saja. Komisi Eropa, bahkan memangkas perkiraan pertumbuhan dan inflasi untuk zona euro pada tahun 2024, Kamis (15/2/2024).

Meski inflasi diprediksi turun 2,7% namun pertumbuhan bakal lamban. Di yakini kawasan dengan mata uang tunggal itu, hanya akan tumbuh 0,8%.

Dari Data Terbaru Ketegangan geopolitik menjadi penyebab. Ini meningkatnya ketidakpastian bagi perekonomian.

Bank sentral, ECB, di yakini akan memangkas suku bunga karena pelemahan ekonomi ini dan melambatnya harga konsumen. Padahal saat ini, ECB mempertahankan suku bunga tetap stabil.

Setelah berhasil menghindari resesi teknis pada paruh kedua tahun lalu, prospek perekonomian UE pada kuartal pertama tahun 2024 tetap lemah,” kata komisaris ekonomi UE, Paolo Gentiloni, kepada wartawan di Brussels, dikutip AFP.

Dikatakannya Eropa memiliki kinerja buruk dibandingkan negara-negara lain di dunia. Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) misalnya, dalam setahun penuh, meningkat menjadi 2,5% pada tahun lalu.

Konsumen AS mendapat manfaat dari stimulus pandemi yang lebih besar dibandingkan di Eropa, dan menambahkan bahwa blok tersebut juga terpukul lebih parah akibat dampak perang di Ukraina terhadap harga energi,” tambahnya.

“UE berkinerja lebih buruk dari AS pada tahun 2023 dan akan melakukan hal yang sama lagi tahun ini,” ujarnya seraya menyebut kejutan dalam pertumbuhan ekonomi China dan kebijakan suku bunga yang lebih tinggi di AS dapat memperburuk kondisi keuangan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP