Subsidi BBM Di Pangkas Demi Makan Gratis

Subsidi BBM Di Pangkas Demi Makan Gratis

Emakgosip Subsidi BBM Di Pangkas Demi Makan Gratis. Dan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo – Gibran disebut-sebut bakal mengalihkan anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk program susu dan makan siang gratis untuk anak sekolah di Indonesia.

Apakah benar?

Wakil Ketua Tim Kampanye Prabowo-Gibran Eddy Soeparno menjelaskan secara tegas, bahwa sejatinya subsidi akan dialokasikan untuk yang lebih tepat sasaran. “Penataan, jadi ya subsidinya itu dialokasikan untuk lebih tepat sasaran,” kata Eddy kepada Emakgosip Indonesia, dikutip Sabtu (17/2/2024).

Subsidi BBM Di Pangkas Eddy mengatakan, penataan anggaran subsidi energi itu penting karena pada 2022 saat anggaran subsidi membengkak menjadi Rp 500 triliun yang menikmatinya 80% adalah kalangan orang mampu. Demikian juga anggaran energi untuk tahun ini yang mencapai Rp 350 triliun.

Dengan demikian, ia menekankan, ketika anggaran itu ditata maka bisa menjadi pelengkap dari sumber pendanaan anggaran untuk program susu dan makan siang gratis yang diperkirakan mencapai kisaran Rp 400 triliun.

Sehingga yang subsidi kita siapkan sekarang Rp 350 triliun sesungguhnya enggak perlu sebesar itu. Jadi uangnya kan bisa digunakan untuk yang lain-lain,” tegas Eddy.

Meski demikian, Eddy juga menegaskan, sumber pendanaan program susu dan makan siang gratis anak sekolah. Indonesia bukan hanya di peroleh dari penataan subsidi energi, melainkan sebagian besar dari peningkatan penerimaan negara.

Jadi kan di butuhkan Rp 400 triliun, dari mana sumber dananya? sumber dananya adalah pertama dari penguatan sumber pendapatan pajak, caranya bagaimana? ekstensifikasi dan intensifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP