Perang Saudara Makin Gila Junta Myanmar Hukum Mati 3 Jenderal

Perang Saudara Makin Gila Junta Myanmar Hukum Mati 3 Jenderal

Emakgosip – Perang Saudara Makin Gila Junta Myanmar Hukum Mati 3 Jenderal. Namun Kondisi di Myanmar masih terus membara. Terbaru, pasukan milisi mulai berhasil merebut beberapa fasilitas militer yang di kuasai rezim junta, mendorong beberapa pasukan dan personil untuk menyerah.

Dalam laporan AFP, Junta Myanmar telah menjatuhkan hukuman mati kepada tiga perwira tinggi yang menyerah kepada pejuang etnis minoritas bulan lalu di sebuah kota strategis di perbatasan China.

Penyerahan tersebut merupakan salah satu kerugian terbesar bagi militer dalam beberapa dekade. Dan memicu kritik lebih lanjut terhadap kepemimpinan junta oleh para pendukungnya. Setelah penyerahan, para perwira dan pasukannya di izinkan meninggalkan daerah tersebut oleh aliansi milisi etnis.

Tiga brigadir jenderal termasuk komandan kota Laukkai dijatuhi hukuman mati. Namun kata seorang sumber militer kepada AFP yang tidak ingin di sebutkan namanya, Senin (19/2/2024).

Myanmar berada dalam Perang Saudara Makin Gila sejak junta militer pimpinan Min Aung Hlaing mengkudeta pemerintahan sipil pada Februari 2021. Kudeta, yang terjadi pada bulan Februari 2021 memicu reaksi publik yang besar, dengan demonstrasi besar-besaran yang menolaknya, yang kemudian dibubarkan secara brutal.

Ini kemudian memicu reaksi keras dari beberapa milisi etnis di Negeri Seribu Pagoda. Mereka mulai melancarkan perlawanan terhadap rezim junta yang dianggap tidak demokratis.

Laukkai adalah kota terbesar yang direbut oleh Aliansi Tiga Persaudaraan, yang terdiri dari Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar (MNDAA). Dan kini Tentara Arakan (AA), dan Tentara Pembebasan Nasional Ta’ang (TNLA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP