Laut Merah Makin Mencekam Serangan Baru Houthi Hantam Kapal Inggris

Laut Merah Makin Mencekam Serangan Baru Houthi Hantam Kapal Inggris

Emakgosip – Laut Merah Makin Mencekam Serangan Baru Houthi Hantam Kapal Inggris. Dan Militan Houthi di Yaman mengatakan mereka telah menyerang kapal kargo Rubymar di Teluk Aden dan kapal tersebut kini berisiko tenggelam. Aksi yang diklaim sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina dalam perang Gaza tersebut memperkeruh gangguan pelayaran global

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea dalam sebuah pernyataan mengatakan para kru selamat. Houthi juga menembak jatuh pesawat tak berawak AS di kota pelabuhan Hodeidah.

Kapal tersebut mengalami hantaman parah sehingga berhenti total. Akibat kerusakan parah yang di alami kapal, kini kapal terancam tenggelam di Teluk Aden,” kata Sarea, Senin (19/2/2024), di lansir Reuters.

Kapal kargo umum berbendera Belize, terdaftar di Inggris dan dioperasikan oleh Lebanon itu diserang di Selat Bab al-Mandab di lepas pantai Yaman pada Minggu. Hal itu di ungkapkan perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey.

Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris melaporkan pada Minggu bahwa awak kapal telah meninggalkan. Sebuah kapal di lepas pantai Yaman setelah terjadi ledakan yang tampaknya merupakan insiden yang sama.

Pasukan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah berulang kali melakukan serangan drone. Dan rudal terhadap pelayaran komersial internasional di Laut Merah Makin Mencekam dan Selat Bab al-Mandab – rute. Yang menyumbang sekitar 12% lalu lintas pelayaran dunia – dalam apa yang mereka katakan sebagai dukungan untuk Palestina. Dan  dalam perang antara Israel dan militan Hamas di Jalur Gaza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP