Dewan Energi Sebut Gas Paling Cocok Untuk Transisi Energi RI

Dewan Energi Sebut Gas Paling Cocok Untuk Transisi Energi RI

Emakgosip Dewan Energi Sebut Gas Paling Cocok Untuk Transisi Energi RI. Namun Dewan Energi Nasional (DEN) mengungkapkan gas menjadi kunci sebagai jembatan menuju transisi ke Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Mengingat emisi pembakaran gas lebih rendah apabila dibandingkan dengan emisi dari bahan bakar fosil lainnya seperti batu bara.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan sebelum Indonesia sepenuhnya menggunakan EBT, gas bumi menjadi sumber energi yang paling cocok untuk transisi. Apalagi Indonesia mempunyai sumber pasokan gas yang cukup melimpah saat ini.

Gas adalah yang paling cocok memang untuk transisi sebelum kita sepenuhnya menggunakan EBT. Kita masih punya banyak gas kita masih ekspor dalam bentuk gas pipa maupun LNG memang kita impor gas dalam bentuk LPG karena memang lpg itu kan propana butana sedangkan yang kita gunakan transportasi adalah gas metana etana dan juga yang kita ekspor adalah LNG,” kata Djoko dalam acara Energy Corner Emakgosip Indonesia, Rabu (21/2/2024).

Djoko membeberkan sekitar 30 tahun yang lalu, Indonesia sendiri pernah memanfaatkan sumber gas untuk sektor transportasi. Pada saat itu infrastruktur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang telah ada sebanyak 28 SPBG.

Namun demikian, permintaan untuk pasar kendaraan berbahan bakar gas pada saat itu berkurang. Pasalnya, hal ini tidak diimbangi dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. “Misalnya nggak boleh lagi jualan kendaraan BBM gitu, harus gas tetapi akhirnya kita kembali lagi menggunakan gas ya terutama untuk transportasi umum,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP