Kondisi Pangan Dunia Tak Baik-baik Saja Kelaparan Banyak

Kondisi Pangan Dunia Tak Baik-baik Saja Kelaparan Banyak

Emakgosip – Kondisi Pangan Dunia Tak Baik-baik Saja Kelaparan Banyak. Namun Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan, kondisi dunia saat ini sedang dalam kondisi tidak ideal. Dari data World Food Programe(WFP) dan Food and Agriculture Organization (FAO), 10 negara dalam keadaan kelaparan serius.

Bahkan, Amran memaparkan, sebanyak 7-16% penduduk Indonesia masih rentan kelaparan.

“Kondisi pangan dunia tidak baik-baik saja. Dan saat ini terjadi krisis pangan di dunia, 10 negara kesulitan pangan, penduduk kelaparan banyak, terancam kelaparan beberapa negara. Khusus Indonesia ada terjadi El Nino yang luar biasa, ini perlu kita mitigasi dampak El Nino ke depan. Sekarang ini kita ngga bisa bekerja biasa aja karena kondisi El Nino sangat memprihatinkan dampaknya,” katanya dalam Seminar Hasil Riset Ketahanan Pangan Nasional Nagara Institute, dikutip Rabu (21/2/2024).

Kondisi ini memerlukan penanganan yang tepat karena Amran menilai dampak dari krisis pangan sangat besar. Jika terjadi krisis ekonomi maka pertanian masih bisa tumbuh, serta krisis kesehatan masih bisa dilewati. Namun terjadinya krisis pangan bisa melompat ke krisis politik hingga konflik sosial. Untuk itu, semua pihak harus bisa menjaga kondisi pangan karena masalah pangan bukan hanya masalah Indonesia, tapi juga masalah dunia.

Sayangnya, upaya untuk pulih semakin diperparah dengan berkurangnya produksi pupuk. Perang Rusia-Ukraina membuat harga bahan baku pupuk naik hingga 200%, sedangkan anggaran terbatas sehingga pupuk berkurang sampai 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP