Jokowi Resmikan Proyek Bendungan Lolak yang Dibangun PTPP

Jokowi Resmikan Proyek Bendungan Lolak yang Dibangun PTPP

EmakgosipJokowi Resmikan Proyek Bendungan Lolak yang Dibangun PTPP. Namun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek Bendungan Lolak yang dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk di Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara.

Pada kesempatan itu, Jokowi melakukan penandatanganan prasasti sebagai bentuk simbolis dengan di dampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Pj. Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit, dan Direktur Utama PTPP Novel Arsyad.

Proyek Bendungan Lolak ini memiliki kapasitas tampung sebesar 16,23 Juta Mdan memiliki luas genangan sebesar 101,75 Hektar. Bendungan ini merupakan salah satu proyek strategis nasional pemerintah dengan nilai kontrak senilai Rp 2,026 triliun dan masa pelaksanaan dari 2015 sampai dengan 2023.

Proyek ini memiliki manfaat irigasi seluas 2.214 Hektar, Air Baku 500 lt/det, Mereduksi Banjir sampai dengan 29,42%. Serta sebagai PLTMH dengan kapasitas 2,43 MW.

Jokowi Resmikan Proyek mengatakan bahwa saat ini Indonesia memiliki 4.400an sungai tapi baru memiliki 292 Bendungan jika. Di bandingkan dengan negara lain yaitu RRC dengan 98 ribu bendungan dan korea selatan sebanyak 20 ribu bendungan. Dan sehingga pengelolaan air harus menjadi konsentrasi kerja pemerintah Indonesia.

Diharapkan, dengan makin banyaknya pembangunan infrastruktur seperti Bendungan Lolak. Indonesia akan mampu mengelola sumber dayanya dengan lebih efektif, mendukung pertanian, mengurangi risiko bencana alam. Dan memajukan produksi energi bersih bagi seluruh rakyatnya,” ucap Presiden, Sabtu, (24/2/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP