Suksesnya Aksi Jokowi Rebut Vale Para Menteri Turun Gunung

Suksesnya Aksi Jokowi Rebut Vale Para Menteri Turun Gunung

Emakgosip Suksesnya Aksi Jokowi Rebut Vale Para Menteri Turun Gunung. Dan Pemerintahan Suksesnya Aksi Jokowi melalui Holding BUMN Pertambangan MIND ID pada Senin (26/2/2024). Sore ini dijadwalkan akan melakukan penandatanganan pengambil alihan divestasi saham 14% milik perusahaan. Dan tambang nikel multinasional asal Brasil yakni PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Upaya pengambil alihan 14% Saham Vale itu sejatinya sudah berlangsung lama. Hal ini juga dibarengi dengan rencana perpanjangan Kontrak Karya (KK) tambang Vale yang berakhir pada Desember 2025. Kelak, KK Vale akan berubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Kepemilikan saham MIND ID di Vale di Indonesia saat ini baru sebesar 20%, dan sekitar 21,18% tersebar di pasar saham Indonesia. Artinya, jika penambahan saham hanya 14%, maka MIND ID akan memiliki 34% saham Vale.

Sementara, pemegang mayoritas saham Vale sendiri saat ini di pegang oleh Vale Canada Limited (VCL) dengan komposisi 43,79% saham, kemudian Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) sebesar 15,03%.

Belum diketahui, dari mana pengurangan 14% saham untuk MIND itu, apakah dari Vale Canada Limited langsung atau dibagi dengan Sumitomo.

Nah kembali lagi, dibalik suksesnya pengambil alihan 14% saham yang rencananya akan. Di tandantangani pada hari ini, terdapat beberapa menteri kabinet yang juga ‘turun gunung’ untuk mendukung kepemilikan dominan Indonesia melalui MIND ID.

Di antara para menteri yang ‘turun gunung’ itu ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, hingga Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP