Skenario APBN 2025 Makan Siang Gratis Prabowo Masuk, Defisit Melebar

Skenario APBN 2025 Makan Siang Gratis Prabowo Masuk, Defisit Melebar

EmakgosipSkenario APBN 2025 Makan Siang Gratis Prabowo Masuk, Defisit Melebar. Dan Presiden Joko Widodo telah menggelar rapat kabinet paripurna untuk membahas awalan perancangan APBN 2025, yakni melalui pembahasan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Kerangka Ekonomi Makro serta Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) tahun anggaran 2025.

Dalam rapat ini, pemerintah telah menetapkan defisit APBN pada tahun depan di kisaran 2,48%-2,8% terhadap produk domestik bruto (PDB), lebih tinggi dari ketetapan defisit pada 2024 sebesar 2,29% terhadap PDB. Dengan semakin lebarnya defisit APBN maka tentu kebutuhan pembiayaan melalui utang menjadi semakin besar.

Tapi bapak Presiden menyampaikan kalau bisa defisit jangan terlalu loncat sekali. Tadi ancer-ancernya antara 2,48%-2,8%,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa seusai rapat kabinet paripurna, dikutip Selasa (27/2/2024).

Seiring dengan meningkatnya defisit itu, belanja investasi menurut Suharso juga naik di kisaran 0,5% sampai dengan 1% terhadap PDB. Adapula pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan 5,3-5,6%, tingkat kemiskinan antara 6-7%, dan tingkat pengangguran terbuka 4-5%.

Rasio gini di sekitar 0,37, kemudian index modal manusia, kita sekarang tidak lagi menggunakan indeks pembangunan manusia. Akan tetapi human capital index angkanya mudah-mudahan bisa kita capai di angka 0,56, dan penurunan indeks gas rumah kaca angkanya 38,6.

Suharso mengatakan, rancangan awal Skenario APBN 2025 itu juga telah membahas kebijakan iconic calon presiden. Dan wakil presiden pengganti Jokowi-Ma’ruf Amin, yakni Prabowo Subinato-Gibran Rakabuming Raka. Meski belum ada ketetapan suara sah pemenang Pemilu 2025 dari KPU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP