Jokowi Ungkap Alasan RI Masih Jauh dari Resesi

Jokowi Ungkap Alasan RI Masih Jauh dari Resesi

Emakgosip Jokowi Ungkap Alasan RI Masih Jauh dari Resesi. Namun Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini Indonesia jauh dari jurang resesi ekonomi yang telah memakan korban, yakni Jepang dan Inggris. Hal ini terukur dari persentase kemungkinan resesi.

Menurut Jokowi Ungkap Alasan RI, presentasi Indonesia mengalami resesi terbilang rendah, yakni hanya 1,5%. Sayangnya, Jokowi tidak mengungkapkan dari mana data tersebut diambil.

Sementara itu, negara-negara maju lainnya, seperti Jerman, Amerika Serikat dan Uni Eropa memiliki probablitas yang lebih tinggi.

Inggris dan Jepang sudah masuk resesi dan probabilitas resesi melanda negara-negara besar. Jerman (probabilitas) 72%, kemungkinan bisa masuk resesi. Uni Eropa 60%, Amerika Serikat (AS) 40%,” ungkap Jokowi dalam Rapat Pimpinan TNI/Polri di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dikutip Kamis (29/2/2024).

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki probabilitas terjadi krisis hanya sebesar 1,5%. Jokowi meminta semua pihak untuk bersyukur dan menjaga kondisi ekonomi Indonesia.

Kita patut syukuri Indonesia masih di angka 1,5%. Ini harus terus kita jaga,” ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan tren kondisi perekonomian Indonesia pada 2024 yang berbeda dibandingkan negara lain.

Menurut Sri Mulyani, kinerja perekonomian Indonesia dan APBN yang masih menunjukkan tren positif. Indonesia terbukti mampu tumbuh di atas 5% pada 2023, yakni tepatnya 5,05%.

Pada Januari 2024, pendapatan negara sudah terkumpul Rp215,5 triliun atau 7,7 persen target, belanja negara Rp184,2 triliun atau 5,5 persen pagu, dan APBN masih surplus Rp31,3 triliun atau 0,14 persen produk domestik bruto (PDB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP