Usai Ukraina Dan Putin Disebut Mau Rebut Wilayah Ini-Siapkan Referendum

Usai Ukraina Dan Putin Disebut Mau Rebut Wilayah Ini-Siapkan Referendum

Emakgosip – Usai Ukraina Dan Putin Disebut Mau Rebut Wilayah Ini-Siapkan Referendum. Dan Rusia di laporkan terus memperkuat kehadirannya di wilayah Transnistria, Moldova. Ini terjadi setelah wilayah yang berbatasan dengan Usai Ukraina itu disebut-sebut akan mengadakan referendum untuk berpisah dari Chisinau dan bergabung ke Moskow.

Wilayah Transnistria memisahkan diri dari Moldova dan menyatakan dirinya sebagai republik merdeka pada awal 1990-an, sebuah langkah yang ditentang Chisinau. Penduduknya yang sebagian besar berbahasa Rusia memilih langkah ini karena tidak ingin tetap menjadi minoritas di negara itu.

Sekitar 1.100 tentara Rusia ditempatkan di Transnistria sebagai penjaga perdamaian, memantau gencatan senjata tahun 1992 antara Moldova dan pasukan lokal. Diperkirakan setengah dari 500.000 penduduk Transnistria kini memiliki kewarganegaraan Rusia.

Pada Rabu (28/2/2024), tokoh oposisi Transnistria, Ghenadie Ciorba, baru-baru ini dilaporkan menyarankan agar kelompok separatis menyerukan referendum mengenai aneksasi wilayah tersebut ke Rusia. Meski begitu, wacana ini tidak digembar-gemborkan ke publik secara luas.

“Namun kongres deputi dari semua tingkatan di ibu kota wilayah separatis tersebut mengeluarkan resolusi. Yang meminta dukungan Moskow dalam mencegah krisis ekonomi, yang mereka tuduhkan pada Moldova,” kata resolusi Ciorba itu dikutip Al Jazeera.

Ada tekanan sosial dan ekonomi terhadap Transnistria, yang bertentangan dengan prinsip dan pendekatan Eropa terhadap perlindungan hak asasi manusia dan perdagangan bebas.

Wacana ini pun membuat banyak kalangan di Moldova khawatir mengingat Rusia yang telah menyerang. Kini Ukraina untuk merebut wilayah Luhansk dan Donetsk. Banyak yang menanyakan apakah masih aman untuk tinggal di negara itu setelah wacana ini bergulir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP