BI Ungkap 3 Negara Ini Jadi Sumber Masalah Ekonomi Global

BI Ungkap 3 Negara Ini Jadi Sumber Masalah Ekonomi Global

Emakgosip BI Ungkap 3 Negara Ini Jadi Sumber Masalah Ekonomi Global. Namun Bank Indonesia (BI) memperkirakan perekonomian global masih penuh ketidakpastian pada tahun ini. Laju pertumbuhan ekonomi pun masih belum optimal dipengaruhi oleh lemahnya beberapa ekonomi negara besar.

Deputi Gubernur BI Juda Agung mengatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2024 hanya berada di level 3%, sedikit lebih lemah dibanding proyeksi pertumbuhan untuk 2023 sebesar 3,1%.

Jadi kesimpulan kami pertumbuhan ekonomi global 3%, sedikit lebih rendah dibanding tahun sebelumnya 2023,” kata Juda dalam acara Economic Outlook 2024 Emakgosip Indonesia, dikutip Jumat (1/3/2024).

Berdasarkan catatan BI, risiko pelemahan ekonomi global pada tahun ini bersumber dari lemahnya laju perekonomian China, Inggris, hingga Jepang. Khusus ekonomi China, BI perkirakan pertumbuhannya pada 2024 hanya 4,5%. Lebih rendah dari 2023 yang 5,2%, dan Jepang hanya 1,1% dari tahun sebelumnya 1,9%.

Meski begitu, BI Ungkap 3 Negara memperkirakan, laju pertumbuhan ekonomi global 2024 lebih kuat dibandingkan perkiraan sebelumnya, yang hanya 2,8%. Ini yang menyebabkan cara pandang BI terhadap kondisi ekonomi global saat ini ialah cautiously optimistic, atau waspada tapi tetap optimistis terhadap pemulihan.

Aspek kewaspadaannya, selain karena melemahnya ekonomi tiga negara mitra dagang Indonesia. Adapula eskalasi ketegangan geopolitik yang masih berlanjut, yang dapat mengganggu rantai pasokan global. Membuat peningkatan harga komoditas pangan dan energi, serta menahan laju penurunan inflasi global.

Inflasi global pada awal 2024 berdasarkan catatan BI masih di kisaran 6,2% turun dari level tertinggi pada 2022 sebesar 9,2%. Namun, masih jauh lebih tinggi dari level 2019 dan 2020 yang bergerak di kisaran 2%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP