Ekonomi China Goyang, Aktivitas Pabrik Menyusut Selama 5 Bulan

Ekonomi China Goyang, Aktivitas Pabrik Menyusut Selama 5 Bulan

Emakgosip – Ekonomi China Goyang, Aktivitas Pabrik Menyusut Selama 5 Bulan. Kini Ekonomi China makin goyang. Aktivitas pabrik menyusut selama lima bulan.

Aktivitas manufaktur China pada Februari menyusut selama lima bulan berturut-turut. Data ini terlihat ditunjukkan oleh survei resmi yang dirilis Biro Statistik Nasional (NBS) China pada Jumat (1/3/2024).

Indeks manajer pembelian (PMI) manufaktur resmi turun menjadi 49,1 pada Februari dari 49,2 pada Januari dengan penurunan yang cukup besar pada komponen output. Angka tersebut berada di bawah angka 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi dan sejalan dengan perkiraan median sebesar 49,1 dalam jajak pendapat Reuters.

Faktor musiman berkontribusi terhadap beberapa pelemahan tersebut adalah Tahun Baru Imlek pada 10 Februari lalu. Ini menyebabkan pabrik-pabrik tutup karena para pekerja kembali ke rumah untuk berlibur pada waktu tersebut.

“Kami memperkirakan momentum pertumbuhan yang lemah akan berlanjut hingga bulan Maret,” kata Ting Lu, kepala ekonom China di Nomura.

Ia memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) China pada kuartal pertama akan menjadi 4,0% year-on-year. Hal itu jauh lebih lambat dibandingkan laju 5,2% pada kuartal keempat (Q4) kuartal tahun lalu.

Pesanan ekspor baru telah menyusut selama 11 bulan berturut-turut dalam PMI manufaktur NBS. Sementara kontraksi lapangan kerja selama setahun di sektor pabrik menunjukkan tekanan yang terus-menerus pada dunia usaha.

Sisi baiknya, PMI non-manufaktur resmi, yang mencakup jasa dan konstruksi, naik menjadi 51,4 dari 50,7 pada Januari. Ini menandai angka tertinggi sejak September tahun lalu, berkat aktivitas yang kuat selama liburan Tahun Baru Imlek.

Namun, menurut pernyataan NBS, aktivitas konstruksi turun 0,4 poin persentase dengan aktivitas terkait properti masih mengalami kontraksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP