Genjot Energi Terbarukan, RI Bakal Bangun Transmisi Raksasa!

Genjot Energi Terbarukan, RI Bakal Bangun Transmisi Raksasa!

Emakgosip Genjot Energi Terbarukan, RI Bakal Bangun Transmisi Raksasa!. Dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa jaringan transmisi listrik dengan jangkauan yang luas atau super grid merupakan kunci dari program transisi energi di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan (EBT). Yang melimpah, sehingga infrastruktur untuk bisa menyalurkan sumber EBT yang besar tersebut perlu dibangun.

“Saya ingin menunjukkan infrastruktur kita ke depan, super grid ini menjadi semakin penting supaya kita next bisa sharing dari sini. Dari umber daya dan juga sisi demand (kebutuhan) disambungkan ke seluruh pulau utama,” ungkap Dadan dalam acara. Rembuk Nasional Transisi Genjot Energi Terbarukan, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, dikutip Kamis (7/3/2024).

Dadan memaparkan bahwa sumber EBT di Indonesia sangat beragam dan terdapat di lokasi yang jauh dari sumber kebutuhan energinya. Dengan begitu, dia mengatakan bahwa sumber EBT yang tersebar itu perlu di sambungkan melalui super grid yang bisa menjangkau seluruh pulau besar di Indonesia.

“Ya kalau demand-nya besar, misalkan di Pulau Sulawesi, atau di bagian barat Jawa,” tambahnya.

Dia menyebut, sumber EBT yang melimpah di dalam negeri baru termanfaatkan sebesar 0,3%. Dalam paparannya, per September 2023, potensi surya di Indonesia mencapai 3,2 Terra Watt (TW), namun pemanfaatannya baru sebesar 345 Mega Watt (MW).

Sedangkan energi hidro di Indonesia tersedia potensi hingga 95 Giga Watt (GW), namun baru dimanfaatkan sebesar 6,7 GW. Kemudian, terdapat energi bayu/angin yang mana potensinya sebesar 155 GW namun baru dimanfaatkan sebesar 154 MW. Diikuti dengan potensi besar EBT lainnya seperti bioenergi, panas bumi, dan laut yang baru di manfaatkan segelintirnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP