Cara Mudah Menkes Deteksi Di Negara Maju Cek Puskemasnya

Cara Mudah Menkes Deteksi Di Negara Maju Cek Puskemasnya

Emakgosip Cara Mudah Menkes Deteksi Di Negara Maju Cek Puskemasnya. Dan kini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ternyata memiliki cara khusus. Cara Mudah Menkes Deteksi sebuah negara akan gagal menjadi negara maju. Salah satunya dengan mengunjungi Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas-nya.

Dengan mendatangi Puskesmas, Budi mampu melihat mayoritas pengunjungnya. Bila pengunjungnya di dominasi penduduk usia tua. Dan pendapatan atau gaji setiap penduduknya masih jauh di bawah US$ 13.000 per tahun. Maka negara itu telah masuk ke dalam jebakan negara berpendapatan menengah atau middle income trap.

Contoh Brasil, pendapatannya US$ 8.200 di atas Indonesia. Saya datang ke sana, kemarin, masuk ke Puskesmas nya,” kata Budi dalam acara Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital bersama para kepala daerah, seperti dikutip Jumat (8/3/2024).

Di Indonesia isinya ibu hamil sama anak-anak, di Brasil yang datang orang tua, kayak saya nih kan 60 tahun, nah Brazil menurut saya sangat sulit menjadi negara maju karena populasinya sudah tua, aging. Enggak punya bahan bakar momentum untuk tembus angka US$ 13.000,” tuturnya.

Di Indonesia, Budi mengatakan, mayoritas pengunjungnya masih di dominasi oleh anak dan ibu hamil, karena belum mencapai masa puncak bonus demografi atau dominannya penduduk berusia produktif dalam struktur masyarakat. Maka, masih belum bisa dikategorikan masuk middle income trap dan gagal menjadi negara maju.

Namun, dia mengingatkan puncak bonus demografi Indonesia bukan berarti masih lama terjadi. Melainkan hanya sekitar 6-11 tahun ke depan atau tepatnya 2030-2035. Jika sampai tahun itu pendapatan penduduk Indonesia tak sampai US$ 13.000 per tahun, ia memastikan rakyat Indonesia akan tua sebelum kaya dan akan sulit merasakan menjadi penduduk negara maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP