FAA Ungkap Hasil Audit Produksi Boeing 737 Max: 33 Produk Gagal Uji

FAA Ungkap Hasil Audit Produksi Boeing 737 Max: 33 Produk Gagal Uji

Emakgosip – FAA Ungkap Hasil Audit Produksi Boeing 737 Max: 33 Produk Gagal Uji. Dan Regulator keselamatan udara Amerika Serikat (AS) menemukan sederet masalah di fasilitas milik Boeing. Hal ini di temukan setelah audit selama enam minggu terhadap produksi Boeing 737 Max.

Melansir dari Emakgosip International yang mengutip The New York Times, Badan Penerbangan Federal atau Federal Aviation Administration (FAA) mulai melakukan penyelidikan setelah peristiwa salah satu panel pintu pesawat Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines meledak pada awal Januari 2024 lalu.

Berdasarkan hasil penyelidikan, internal FAA mengungkapkan ada banyak masalah yang ditemukan oleh auditor.

Adapun, masalah yang ditemukan termasuk dalam kategori gagal untuk mengikuti “proses manufaktur yang disetujui” dan kegagalan untuk menjaga dokumentasi kendali mutu yang tepat.

Menurut laporan, auditor FAA menyebutkan, dari 89 audit produk yang dilakukan, Boeing lulus 56 pengujian dan gagal dalam 33 pengujian.

Selama audit enam minggu, FAA juga melakukan 13 audit produk yang berfokus pada Spirit AeroSystems, yakni produsen badan pesawat untuk Boeing 737 Max. Dari jumlah tersebut, hanya enam audit yang dinilai lulus, sementara tujuh lainnya gagal.

Sebuah dokumen yang ditinjau oleh The New York Times menemukan,. Seorang mekanik di Spirit AeroSystems menggunakan kartu kunci hotel untuk memeriksa segel pintu. Selain itu, FAA disebut melihat mekanik Spirit AeroSystems menggunakan sabun cair sebagai pelumas segel pintu dengan maksud “proses penyesuaian”.

Berkaitan dengan hal itu, juru bicara Spirit AeroSystems menyebut perusahaannya sedang “meninjau semua ketidaksesuaian yang teridentifikasi untuk tindakan perbaikan.”

Pada akhir Februari lalu, FAA Ungkap Hasil Audit memberi Boeing waktu selama 90 hari untuk mengembangkan rencana peningkatan pengendalian kualitas. Pada waktu yang hampir bersamaan, laporan panel ahli mengenai Boeing menemukan “keterputusan” antara manajemen senior dan karyawannya terkait budaya keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP