Bapak Mahfud MD Unggah Doa Yang Di Ajarkan Gus Dur

Bapak Mahfud MD Unggah Doa Yang Di Ajarkan Gus Dur

Emakgosip – Menteri Koordinator Politik, Hukum, Dan Keamanan RI, Bapak Mahfud MD. Yang mengunggah doa indah permohonan agar Allah membimbing saat memasuki tugas baru agar mampu menjalani dengan benar dan bersih. Namun melalui akun Twitter dan sosmed lainnya yang terverifikasi.

Misalnya, Doa indah ini di ajarkan Presiden RI ke-4. Namun KH Abdurrahman Wahid atau  Gus Dur  semasa hidup. Dan doa tersebut menjadi semacam “ijazah” dalam tradisi kehidupan di pesantren namun tetap relevan di lantun pada masa sekarang ini.

Ya Allah, bimbinglah kami memasuki satu tugas lapangan dengan benar dan jujur. Namun Bimbing pula kami melaksanakan tugas dengan benar dan bersih tak perlu takut untuk meninggalkan tugas karena ada beban yang menggantung.

Bapak Mahfud juga menjelaskan pentingnya doa ini sebelum mengemban tugas baru. Doa  ini semacam lentera penerang agar seseorang tidak gamang saat bertugas dan tidak melahirkan beban baru setelah purna-tugas.

Rabi adkhilnaa mudkhala shidqin wakhrijnaa mukhraja shidqin. Itu doa (semacam ijazah kalau dalam tradisi pesantren) yang di ajarkan oleh Gus Dur kepada saya.

Agar dapat menjalankan tugas apa pun dengan benar, tidak gamang, dan tidak santai ketika tugas sudah selesai ,” lanjut Mahfud MD. Ia tak menjelaskan secara spesifik mengapa tiba-tiba mengunggah doa ini.

Namun menurutnya, Dan ketika seseorang di percaya menjalankan tugas baru. Yang ejatinya ia bertanggung jawab kepada sang pemberi amanat dan diri sendiri. Keduanya, harus tuntas agar amanah.

Baik beban kepada diri sendiri maupun beban kepada institusi. Dari Al-Qur’an Surah al-Isra’ Ayat 80 , pungkas Mahfud MD. Untaian doa indah ini di sukai ribuan warganet dan mendapat respon beragam.

Ganjar Pranowo mengunggah emotikon tangan menengadah, pertanda ikut berdoa. Orang baik selalu membujuk Tuhan. Amin ,” @dani**** merespons. Amin dan amin, semoga Tuhan menjaga serta memberkati.

Ada pula yang menyambungnya dengan doa untuk para pemimpin negara.  Dan Semoga selalu di berikan hikmat & kebijaksanaan oleh Allah Yang Mahakuasa dalam mengemban tugas & amanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP