Bapak Jokowi Geram Rp 170 Triliun Devisa Hilang Gara-gara WNI Berobat Ke Luar Negeri

Bapak Jokowi Geram Rp 170 Triliun Devisa Hilang Gara-gara WNI Berobat Ke Luar Negeri

Emakgosip – Bapak Jokowi Geram Rp 170 Triliun Devisa Hilang Gara-gara WNI Berobat Ke Luar Negeri mengungkapkan selama ini negara harus kehilangan devisa lebih dari ratusan triliun rupiah akibat banyaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang berobat ke luar negeri.

Berikut dengan bapak Jokowi menyebut, kerugian besar akibat perangkat yang bocor tersebut seharusnya tidak perlu terjadi. Ini alasan mereka yang berobat ke rumah sakit di negara tetangga yakni menganggap kalau fasilitas kesehatan di Tanah Air belum lengkap di luar negeri.

Padahal menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, sehajatinya kualitas dokter dan tenaga kesehatan lainnya di Indonesia sudah mengalami peningkatan. Dan Dokter-dokter kita ini enggak kalah pintarnya dengan mereka. Akan tetapi alatnya memang kalah,” kata Jokowi di kutip dari Twitter, instagram Emakgosip , Sabtu (4/11/2023).

Selanjutnya Semoga ini bisa kita bersaing dan masyarakat kita berobat di dalam negeri. Dan kita tidak kehilangan Rp 170 triliun per tahun dalam urusan sakit saja, ujar Jokowi. Ia mengungkapkan, Indonesia banyak kehilangan devisa akibat kecenderungan masyarakat.

Yang menengah ke atas yang memilih berobat ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia dan negara lainnya. Jadi kita ingin semuanya sehat, tapi kalau pas sakit, jangan keluar negeri,” ucap Jokowi.

Kemudian Luhut Ungkap Alasannya Berobat ke Singapura, Bukan di Indonesia Jokowi menerangkan, dari data yang ia pegang, hampir 1 juta masyarakat Indonesia datang berobat ke Malaysia, sedangkan ada 750 ribu yang ke Singapura. Sisanya banyak juga yang pergi ke Jepang, Amerika Serikat, hingga Jerman. “Apa mau kita terus teruskan? Rp 165 triliun devisa kita hilang gara-gara itu. Itu karena ada modal keluar, capital outflow,” tutur Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP