Benarkah Swasembada Bikin Harga Beras RI Murah

Benarkah Swasembada Bikin Harga Beras RI Murah

Emakgosip – Benarkah Swasembada Bikin Harga Beras RI Murah. Namun Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyebut swasembada pangan tak menjamin bisa mengatasi tingginya harga pangan di Indonesia.

Peneliti Bidang Pertanian CIPS Azizah Fauzi menjelaskan, meski Indonesia sempat mengalami swasembada pangan pada 2019 hingga 2021 lalu, namun harga beras domestik masih jauh lebih tinggi, bahkan hingga 89,74% dari harga grosir internasional pada 2021 dan 77% pada 2020.

Kita sudah lihat sendiri di tahun-tahun di mana kita swasembada itu tidak menjamin harga beras jadi lebih murah dan terjangkau juga untuk para masyarakat,” kata Azizah dalam press briefing di Kantor CIPS Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Daripada Indonesia berfokus untuk bisa swasembada pangan, menurut Azizah, memastikan keterjangkauan pangan justru lebih efektif dalam menekan Benarkah Swasembada Bikin Harga pangan yang melonjak tinggi. Menurutnya, kebijakan perdagangan pangan di Indonesia masih restriktif. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, seperti kuota impor yang diatur oleh sistem perizinan impor.

Azizah juga menilai bahwa sistem perizinan impor di Indonesia masih sangat rumit. Dan sehingga membuat importir membebankan biaya-biaya tersebut ke masyarakat. Akibatnya, harga pangan di masyarakat menjadi sangat mahal.

Lebih lanjut, Azizah menilai harga beras di Indonesia bisa turun sebesar 40,19% apabila semua hambatan non-tarif di hapus. “Ini dengan asumsi, jika impor beras tidak dibatasi,” katanya.

Menurut Azizah, jika kuota untuk impor beras dan daging di hapuskan. Maka tingkat kemiskinan akan berkurang sebesar 2,6 poin persentase.

Studi kami kuat, jika impor dan beras daging di hapuskan tingkat kemiskinan akan berkurang sebesar 2,6 poin persentase. Yang karena perubahan daging dan beras memang sangat berdampak pada kesejahteraan,” ujar Azizah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP