Geliat KEK Topang Ekonomi RI Lewat Investasi Dan Lapangan Kerja

Geliat KEK Topang Ekonomi RI Lewat Investasi Dan Lapangan Kerja

Emakgosip Geliat KEK Topang Ekonomi RI Lewat Investasi Dan Lapangan Kerja. Namun Indonesia hingga akhir 2023 ini tercatat memiliki 20 kawasan ekonomi khusus (KEK) yang fokus pada manufaktur dan pariwisata. Dari 20 KEK ini, 10 KEK fokus di pariwisata dan 10 sisanya di manufaktur.

Adapun, KEK manufaktur a.l. KEK Kendal, KEK Gresik, KEK Nongsa dan KEK Galang Batang. Sementara itu, KEK pariwisata mencakup KEK Tanjung Lesung, KEK Lido, KEK Sanur, KEK Kura-kura Bali dan KEK Tanjung Keyalang.

Geliat KEK Topang Ekonomi Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset dan Inovasi Elen Setiadi mengungkapkan investasi di KEK manufaktur tercatat lebih tinggi, yakni Rp 133 triliun sepanjang 2023. Kemudian, KEK pariwisata mencapai Rp 9 triliun.

Namun, dari sisi serapan tenaga kerja, KEK pariwisata ini ternyata menyerap lebih banyak tenaga kerja, yakni 36.000 pekerja pada 2023 dan KEK sektor manufaktur, penyerapan tenaga kerjanya mencapai 33.000 pekerja tahun ini.

Jadi lebih tinggi pariwisata artinya multiplier effect-nya kalau kita kembangkan pariwisatanya menyerap tenaga kerja lebih banyak,” paparnya, dalam Business Forum bertajuk ‘Peluang Bisnis dalam Sektor Manufaktur dan Sektor Pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia’ di Bangka Belitung, Rabu (13/12/2023).

Ke depannya, dia berharap ada insentif KEK yang bisa mendorong pariwisata. Salah satunya adalah Indonesia Tourism Fund. Elen mengakui bahwa pihaknya telah berbicara dengan Presiden perihal dana ini.

Dan itu akan menggunakan dana LPDP, startnya mulai dari Rp 10 triliun. Itu bisa mulai untuk event dan bisa kita kembangkan juga,” kata Elen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP