DPR Minta Moratorium Semua Smelter China di RI

DPR Minta Moratorium Semua Smelter China di RI

Emakgosip DPR Minta Moratorium Semua Smelter China di RI. Namun Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto meminta pemerintah menghentikan sementara (moratorium) semua operasional smelter perusahaan asal China di Indonesia. Hal tersebut menyusul terjadinya ledakan hebat di smelter PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Minggu (24/12/2023).

Ia pun mendesak pemerintah untuk segera mengaudit semua smelter tersebut secara ketat. Terlebih, kecelakaan kerja di smelter milik China di Indonesia bukan kali pertama terjadi.

DPR Minta Moratorium yang Oleh sebab itu, audit harus dilakukan secara profesional, objektif dan menyeluruh terhadap aspek keamanan dan keselamatan kerja. Menurut dia, jangan sampai karena ada pertimbangan politik, pemerintah mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan kerja di perusahaan-perusahaan itu.

Sudah menjadi rahasia umum kalau sebagian besar alat kerja di smelter-smelter milik China diimpor dari China juga. Bahkan sampai komponen terkecil seperti baut dan mur,” kata Mulyanto dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (27/12/2023).

Mulyanto menilai pemerintah perlu mengetahui secara pasti kualitas barang yang selama ini dipakai untuk menunjang operasional smelter. “Jangan-jangan barang dan suku cadang yang dipakai tidak memenuhi syarat yang ditentukan,” kata Mulyanto.

Mulyanto sangat prihatin kecelakaan kerja terjadi lagi di smelter perusahaan China. Kali ini menyebabkan paling sedikit 35 orang korban, di mana sebanyak 18 orang meninggal dunia. Padahal beberapa waktu sebelumnya terjadi kecelakaan kerja di smelter PT. GNI yang mengakibatkan 2 orang meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP