Harga Batu Bara Bisa Ambles ke US$ 100/Ton? Ini Kata Bos Bayan

Harga Batu Bara Bisa Ambles ke US$ 100/Ton? Ini Kata Bos Bayan

Emakgosip  – Harga Batu Bara Bisa Ambles ke US$ 100/Ton? Ini Kata Bos Bayan. Dan Direktur Bayan Resources Alexander Ery Wibowo optimistis harga batu bara tidak akan ambles ke bawah US$ 100 per ton pada tahun ini. Pasalnya, permintaan pasar ekspor terhadap komoditas batu bara masih akan tetap tinggi.

Selain itu, permintaan batu bara dari pasar domestik pada tahun ini juga diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan. Ditambah biaya produksi batu bara juga sudah terlanjur tinggi.

Kalau kami melihat tidak ada tanda tanda ke bawah sampai 100 dolar. Karena patokannya demand-nya masih tinggi. Permintaan domestik pun meningkat sedangkan harga biaya produksi yang sudah terlanjur tinggi jadi kami belum melihat ke arah itu,” ujarnya.

Seperti di ketahui, Harga Batu Bara Bisa Ambles melanjutkan tren penurunan pada awal perdagangan Februari ini. Penurunan ini terjadi seiring dengan proyeksi kelebihan pasokan dan lemahnya permintaan Tiongkok.

Menurut data dari Refinitiv, pada perdagangan Kamis (01/02/2024), harga batu bara ICE Newcastle kontrak Maret ditutup di angka US$ 117 per ton atau melemah 0,93%.

Tren penurunan sudah terlihat sepanjang Januari ini, terkoreksi 11,53%. Pelemahan kemarin juga memperpanjang tren negatif batu bara menjadi dua hari berturut-turut dengan pelemahan hampir 3%.

Analis memperkirakan bahwa harga batu bara dunia akan mengalami penurunan pada tahun 2024 akibat musim dingin yang tak kunjung mencapai level terendahnya, sehingga mengurangi kebutuhan pemanas dan terjadi kelebihan pasokan.

Kelebihan pasokan di pasar Cina juga menjadi penyebab penurunan harga batu bara. “Kami menurunkan perkiraan harga batu bara Newcastle untuk tahun 2024 dari rata-rata tahunan US$170 per ton (6.000kcal/kg) menjadi US$150,” demikian pernyataan lembaga riset BMI, dari Fitch Solutions.

Permintaan yang lemah, terutama dari China, dan kelebihan pasokan membuat harga batu bara diprediksi akan terus menurun. Namun demikian, harga tetap lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP