Hitungan Bulan Pabrik Tembaga Raksasa RI Beroperasi

Hitungan Bulan Pabrik Tembaga Raksasa RI Beroperasi

Emakgosip  – Hitungan Bulan Pabrik Tembaga Raksasa RI Beroperasi. Namun PT Freeport Indonesia (PTFI) mengungkapkan, dalam 7 bulan mendatang. Dan fasilitas pengolahan dan pemrosesan atau smelter tembaga Freeport di Gresik, Jawa Timur sudah bisa memulai pengoperasiannya.

Sehingga, hingga Desember 2023 perusahaan berhasil melampaui target progres pembangunan smelter tembaga yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur hingga 90,6% dari target pada akhir tahun 2023 mencapai 90% .

Kemudian bagian elektronnya bisa berfungsi dengan baik baru mulai kita masukkan konsentrat tembaganya dan baru mulai produksinya tembaga di bulan Agustus 2024,” ujar Presiden Direktur PTFI Tony Wenas kepada Emakgosip Indonesia dalam program Mining Outlook 2024, Jumat (2/2/2024).

Hitungan Bulan Pabrik Tembaga Sampai akhir tahun Desember 2023 Puji Tuhan, Alhamdulillah kita mencapai sesuai dengan target dalam S-Curve dengan pemerintah yaitu 90,6%, targetnya itu 90% kita mencapai 90,6%, jadi melebihi dari targetnya,” jelasnya.

Perusahaan, ungkap Tony, menargetkan hingga Mei 2024 smelter yang. Di gadang-gadang sebagai smelter tembaga 1 jalur terbesar di dunia itu bisa 100% selesai dibangun.

Pada bulan Mei tahun ini rencana bisa mencapai penyelesaian 100%. 4 bulan lagi jadi kami sedang berusaha sekeras mungkin untuk bisa mencapai 100%,” tambahnya.

Tony juga mengatakan perusahaan membutuhkan waktu 6-10 minggu untuk pabrik peleburan tembaga tersebut dapat memulai operasinya.

Mulai melakukan start up engine on, ignition on, saat itu kira-kira perlu waktu antara 6-10 minggu memastikan seluruh smelter furniss-nya. Dan semua oksigen plant-nya berfungsi dengan baik,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Tony juga mengatakan perusahaan menargetkan produksi dengan kapasitas penuh pada bulan Desember 2024.

Tapi full capacity productionnya baru akan di Desember 2024. Kan begitu mulai produksi katoda tembaga itu harus ramp up, nggak bisa langsung full production.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP