Houthi Makin Menggila di Laut Merah Ini Target Terbarunya

Houthi Makin Menggila di Laut Merah Ini Target Terbarunya

Emakgosip – Houthi Makin Menggila di Laut Merah Ini Target Terbarunya. Namun Houthi dari Yaman pada Senin (12/2/2023) menyebut pihaknya telah menargetkan sebuah kapal kargo di Laut Merah. Ini merupakan serangan terbaru sejak dimulainya perang Israel-Hamas di Gaza.

Melansir Reuters, kelompok yang bersekutu dengan Iran di Yaman ini mengidentifikasi kapal itu sebagai Star Iris.

Juru bicara militer kelompok itu, Yahya Saree, mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi bahwa kapal itu milik Amerika tetapi pelacak pelayaran maritim mengatakan kapal berbendera Kepulauan Marshall itu milik Yunani.

Perusahaan keamanan maritim Inggris Ambrey dan badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengatakan sebelumnya bahwa kapal kargo milik Yunani berbendera Kepulauan Marshall telah menjadi sasaran rudal dalam dua insiden saat melewati Selat Bab al-Mandab.

“Houthi Makin Menggila kargo tersebut dilaporkan tertabrak dan mengalami kerusakan di sisi kanannya,” kata Ambrey.

Ambrey melaporkan bahwa kapal induk telah melihat proyektil di dekat kapal 23 mil laut (43 km) timur laut Khor Angar di Djibouti dan 40 mil laut barat daya kota pelabuhan Mokha di Laut Merah Yaman.

Ambrey mengatakan kapal kargo itu dilaporkan menuju ke Bandar Imam Khomeini, sebuah kota di Iran. “Pemilik dan operator grup tersebut secara rutin memperdagangkan kargo dengan Iran, jadi negara ini dinilai kemungkinan menjadi tujuan mereka. Tambah perusahaan itu.

Ambrey menambahkan kelompok pemilik kapal kargo itu terdaftar di indeks pasar saham AS NASDAQ. Yang di identifikasi sebagai kemungkinan penyebab serangan tersebut.

UKMTO mengatakan pada Senin pagi bahwa pihaknya telah menerima laporan tentang insiden 40 mil laut (74 km) selatan Mokha. Di mana kapal tersebut melaporkan telah diserang oleh dua rudal.

Para awak kapal tidak terluka, kata UKMTO, dan kapal tersebut melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP