Pembelian Jet Tempur Mirage Dituding Korupsi Kemhan Blak-Blakan

Pembelian Jet Tempur Mirage Dituding Korupsi Kemhan Blak-Blakan

Emakgosip Pembelian Jet Tempur Mirage Dituding Korupsi Kemhan Blak-Blakan. Namun Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI akhirnya buka suara perihal hebohnya tudingan korupsi pembelian Jet Tempur Mirage 2000-5 dari Qatar. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra menegaskan bahwa tudingan tersebut adalah hox.

“Saya langsung ke intinya.. saya sampaikan dan tegaskan bahwa informasi tersebut adalah sesat, fitnah dan hoax,” kata Herindra dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Herindra menduga kabar bohong tersebut sengaja disebarkan untuk memperlemah Kemenhan dalam merancang sistem pertahanan Indonesia. Dia mengatakan kabar hoax sering disebarkan untuk mempengaruhi proses diplomasi pengadaan alutsista di Indonesia.

“Kami di Kemenhan menyayangkan adanya fitnah dan pelemahan tersebut,” kata dia.

Sebelumnya, kabar menghebohkan perihal penyelidikan dugaan korupsi oleh European Investigative Order (EIO) terhadap Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menjadi sorotan. Kabar ini awalnya muncul dalam berita Meta Nex yang tersebar melalui MSN. Berita ini berjudul “Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation”.

Berita ini mengungkapkan adanya kesepakatan antara RI dan Qatar untuk pembelian 12 jet tempur Mirage bekas senilai US$792 juta atau setara sekitar Rp12,4 triliun.

Dalam berita disebutkan bahwa The Group of States Against Corruption (GRECO) mengungkapkan bahwa EIO telah membuka penyelidikan terhadap perusahaan Ceko yang terlibat pembelian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP