Senegal Chaos karena Pemilu Ditunda Situasi Mencekam Internet Mati

Senegal Chaos karena Pemilu Ditunda Situasi Mencekam Internet Mati

Emakgosip – Senegal Chaos karena Pemilu Ditunda Situasi Mencekam Internet Mati. Dan Kondisi Senegal kian mencekam setelah pemilu di negara tersebut ditunda. Gelombang demonstrasi pecah di seluruh negeri.

Pemerintah pun melarang unjuk rasa yang digelar pada Selasa (13/2/2024) menyusul langkah kontroversial yang menunda pemilihan presiden bulan ini ke Desember dan memperpanjang masa jabatan Presiden Macky Sall.

Elymane Haby Kane, salah satu penyelenggara unjuk rasa, mengatakan kepada AFP bahwa dia telah menerima surat resmi dari otoritas setempat di ibu kota Dakar bahwa unjuk rasa tersebut dilarang karena dapat menghambat lalu lintas.

Tak hanya itu, akses internet seluler di Senegal ditangguhkan pada Selasa untuk kedua kalinya bulan ini.

Senegal Chaos Karena penyebaran beberapa pesan kebencian subversif di jejaring sosial yang telah memicu demonstrasi kekerasan. Data seluler ditangguhkan pada Selasa 13 Februari ini,” kata Kementerian Komunikasi, Telekomunikasi, dan Energi Digital dalam sebuah pernyataan.

Dilansir Al Jazeera, kekacauan mulai pecah setelah pada 3 Februari lalu Presiden Macky Sall mengumumkan menunda pemilihan presiden pada akhir Februari nanti tanpa mengumumkan tanggal pengganti baru.

Sall mengatakan dia menunda pemilu karena perselisihan daftar calon dan dugaan korupsi di tubuh konstitusi yang menangani daftar tersebut. Alhasil, sehari setelah pengumuman, bentrokan antara para pengunjuk rasa dan polisi pun tak dapat dihindarkan.

Situasi panas juga terjadi di dalam parlemen, di mana anggota parlemen oposisi. Di keluarkan secara paksa dari majelis ketika mereka memperdebatkan keputusan Sall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP