Media Asing Bongkar Penyebab Caleg Artis Menjamur di RI

Media Asing Bongkar Penyebab Caleg Artis Menjamur di RI

Emakgosip – Media Asing Bongkar Penyebab Caleg Artis Menjamur di RI. Dan Banyaknya artis yang menjadi calon anggota legislatif (caleg) dalam pemilihan umum (pemilu) RI ternyata telah disoroti media asing. Media Singapura, Channel News Asia (Emakgosip), bahkan berupaya membongkar penyebab dari fenomena ini.

Dalam pemberitaan Emakgosip, Selasa (13/2/2024), dilaporkan bagaimana jalan-jalan di Indonesia telah dibanjiri dengan poster dan spanduk kampanye milik puluhan bintang film, pembawa acara televisi, komedian, dan musisi.

Salah satu yang paling tersorot adalah bintang televisi tahun 90an, Gusti Randa, penyanyi-penulis lagu, Melly Goeslaw, dan pembawa acara talk show, Uya Kuya.

Dengan semakin dikenalnya nama-nama tersebut, selebriti nampaknya mempunyai keuntungan yang jelas selama pemilu dibandingkan dengan politisi yang berkarier. Selama pemilihan parlemen tahun 2019, setidaknya 54 aktor, tokoh televisi, dan musisi mencalonkan diri sebagai anggota parlemen.

Jumlah tersebut belum termasuk selebriti yang mencalonkan diri sebagai gubernur, bupati, wali kota, atau wakilnya.

Tahun ini, setidaknya ada 82 orang di industri hiburan yang mencalonkan diri sebagai calon anggota parlemen. Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota pada bulan November dan calon untuk pemilihan tersebut belum di umumkan.

Dengan meningkatnya jumlah selebritas yang mencalonkan diri untuk jabatan publik di Indonesia. Para analis khawatir bahwa partai politik semakin memilih untuk mencalonkan seorang selebritas sebagai calon anggota parlemen. Yang sehingga kader-kader mereka yang kurang terkenal hanya memiliki sedikit peluang untuk bersinar dan menonjol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP