KPPU Punya Jurus Majukan UMKM RI

KPPU Punya Jurus Majukan UMKM RI

Emakgosip – KPPU Punya Jurus Majukan UMKM RI. Dan Dalam upaya memperkuat pengawasan kemitraan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Fanshurullah Asa mengatakan, pihaknya telah meminta kepada Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) untuk segera melakukan integrasi data UMKM di Indonesia, serta membangun komitmen bersama untuk menjaga keberlangsungan UMKM dalam persaingan harga atau predatory pricing di pasar digital (e-commerce).

Kami mesti menyegerakan apakah regulasinya di dalam undang-undang pasar digital, apakah step by step, apakah Perpres (Peraturan Presiden), apakah Permen (Peraturan Menteri), karena ini penting untuk menjaga. Jangan sampai nanti kalau tadi industrinya sudah masuk ke semua desa. Bayangkan itu bisa kasihan masyarakat hanya jadi basis konsumen,” kata Asa saat ditemui usai audiensi dengan Kemenkop UKM, Senin (19/2/2024).

Menurut Asa, koordinasi dengan Kemenkop UKM merupakan langkah yang sangat krusial. Pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB, yang saat ini sebesar 61% dari total 64,2 juta KPPU Punya Jurus Majukan UMKM.

Dari target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) sebesar 11% kemitraan UMKM. Dan sementara realisasi baru 7% atau sekitar 4,5 juta UMKM,” ujarnya.

Dia menyebut, saat ini masih sedikit UMKM yang melaporkan masalah kemitraan di KPPU, atau setidaknya baru 55 UMKM yang melapor.

Kami pun bekerja sama dengan Kemenkop UKM untuk bisa melakukan integrasi data, khususnya bagi 4,5 juta UMKM. Yang sudah bermitra dengan usaha besar dan usaha menengah,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP